Home

Saturday, July 21, 2012

Rahasia Dalam Mengasihi Tuhan?


Pertama-tama, jangan dulu merasa bahwa artikel ini bertentangan dengan artikel sebelumnya mengenai "Bukan Kasih Kita, Tapi Kasih Kristus"

Pernahkah Anda melihat ada beberapa orang tertentu yang begitu mengasihi Kristus, sampai-sampai memberikan segalanya, baik itu harta, waktu, dan apapun juga yang bisa mereka beri, mereka pasti memberikannya pada Kristus, bahkan beberapa dari antara mereka adalah orang-orang yang awalnya orang yang menurut anda sangat berdosa, bahkan kita sendiri tidak pernah melakukan dosa yang dia lakukan? :D

Come on, sekali lagi bukan bicara kita harus mengasihi Kristus, tetapi inilah efek sebenarnya saat kita sudah diampuni, dan ditebus dengan cuma-cuma menjadi bersih, kudus oleh darah Kristus!

Apakah anda ingat mengenai cerita di mana ada seorang perempuan yang menuangkan minyak yang mahal, dan menyeka kaki Yesus dengan rambutnya? Tuhan berkata kepada orang Farisi yang dimana kejadian ini terjadi di rumahnya, bahwa perempuan ini begitu mencintai Kristus, bukan karena dia tahu mengenai kesepuluh hukum taurat yang mengharuskan setiap orang untuk mengasihi Tuhan dengan segenap hati, jiwa, pikiran dan kekuatan, namun yang dia tahu adalah bahwa dirinya sudah diampuni banyak!
Sebab itu Aku berkata kepadamu: "Dosanya yang banyak itu telah diampuni, sebab ia telah banyak berbuat kasih. Tetapi orang yang sedikit diampuni, sedikit juga ia berbuat kasih." (Lukas 7:47)
Apakah anda tahu bahwa diri anda telah banyak diampuni? Sesungguhnya tidak ada satu orang pun yang diampuni sedikit, kita semua sudah diampuni banyak! Dalam kasus ini, perempuan ini tahu bahwa dirinya diampuni banyak, tetapi apakah kita tahu bahwa kita sudah diampuni banyak?
Sebab barangsiapa menuruti seluruh hukum itu, tetapi mengabaikan satu bagian dari padanya, ia bersalah terhadap seluruhnya. Sebab Ia yang mengatakan: "Jangan berzinah," Ia mengatakan juga: "Jangan membunuh". Jadi jika kamu tidak berzinah tetapi membunuh, maka kamu menjadi pelanggar hukum juga. (Yakobus 2:10-11)
Kita yang dahulu berada dibawah hukum Taurat, kita sudah pasti melanggar kesepuluh perintah Tuhan, karena dengan melanggar satu saja, kita sudah melanggar semuanya! Tuhan Yesus berkata bahwa dengan marah saja, kita sudah membunuh, bagaimana dengan yang lain? Tentu semua dari kita pernah marah bukan? Baik kepada siapapun juga, kita sudah melanggar kesepuluh Hukum tersebut. Terlebih lagi, kita semua sudah kehilangan kemuliaan Allah saat manusia pertama jatuh ke dalam dosa!
Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah, (Roma 3:23)
Namun puji Tuhan, anda coba perhatikan di ayat berikutnya,
dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus. (Roma 3:24)
Kristus sudah mengampuni dengan cuma-cuma atas pelanggaran-pelanggaran kita! Saat kita percaya kepada Dia, kita di buatnya mati terhadap hukum taurat, dan hidup lagi bersama Dia di bawah payung anugrah dan kasih karuniaNya! (Bagi teman-teman yang belum baca perbedaan antara Kasih Karunia dan Hukum Taurat, bisa baca di SINI)

Saudaraku yang terkasih jika dirimu mengira bahwa engkau diampuni sedikit, engkau akan mengasihi sedikit. Namun jika engkau tahu kebenaran yang sesungguhnya bahwa engkau diampuni BANYAK, engkau akan mengasihi Tuhan lebih dahsyat lagi! Mengetahui betapa besar kasih Tuhan yang mengampuni banyaknya dosa kita adalah kunci dalam mencintai Kristus lebih dalam lagi!

Kembali kepada cerita di awal tadi, apakah teman-teman saudara begitu gigihnya dalam mencintai Tuhan, sedangkan dirimu tidak se"fanatik" mereka? Ini bukanlah "fanatik", ini adalah bukti dari mereka tahu bahwa Tuhan sudah mengampuni BANYAK terhadap dosa mereka! Dengan kata lain, saat kita mengalami kasih Tuhan yang begitu dahsyat, mengetahui bahwa Dia sudah mengampuni dosa kita, baik yang dulu - sekarang - dan di masa depan dengan mengorbankan DiriNya sebagai Anak domba Allah yang Kudus, sekali untuk selamanya, kita akan mencintaiNya lebih lebih dan lebih gila lagi!

Saudaraku yang terkasih, sekali lagi ini bukan tentang kasih kita kepada Tuhan, tapi kasih Tuhan kepada kita, bacalah artikel sebelumnya mengenai, "Bukan Kasih Kita, Tapi Kasih Kristus"

Yang mau saya sampaikan disini adalah, jangan khawatir tentang bagaimana mengasihi Kristus, pergilah dan renungkan saja betapa besar Kasih Tuhan kepada kita, betapa banyaknya dosa kita yang sudah diampuni dengan sempurna oleh Kristus, mengasihi Tuhan dengan besar akan menjadi respon yang alami! Lihat saja, teman-teman saudara yang begitu dahsyat dalam mengasihi Tuhan, mereka sadar bahwa Tuhan Yesus mengasihi mereka lebih dari kasih mereka kepada Kristus! Haleluya! Amin

No comments:

Post a Comment